top of page
Search
  • makanansemua

Hidangan Khas Negera Turki Yang Mempunyai Keunikanya Sendiri

Semua orang ketika mengunjungi negara asing, pasti tidak hanya ingin sekedar mengunjungi tempat wisata atau sekedar mengenal budaya, mereka juga ingin mencicipi kelezatan makanan khas negara yang mereka kunjungi. Sama halnya jika kita mengunjungi negara Turki, karena negara yang wilayahnya antara Eropa dan benua Asia ini terkenal dengan masakan gurih dan nikmat. Secara umum, spesialisasi Turki dapat ditemukan dan dibeli di dekat tempat-tempat wisata, pasar dan pusat perbelanjaan di Turki. Jadi, apa saja kelezatan dari makanan Turki yang tidak menyenangkan? mengikuti ulasan




Kebab khas Turki


Kebab adalah salah satu spesialisasi Turki paling populer di dunia. Kebab khas Turki ini berupa irisan daging kambing atau daging sapi yang dipanggang secara vertikal kemudian diputar dan disajikan dengan cara digulung dengan roti dalam bentuk sandwich atau burger.

Sebenarnya, secara umum kebab adalah salah satu makanan khas negara Timur Tengah yang kemudian diadopsi oleh negara-negara Asia Tengah dan Asia Barat, salah satunya adalah Turki sebelum akhirnya tersebar luas di seluruh dunia. Jenis kebab yang terkenal di Turki adalah Doner Kebab yang disajikan dengan roti pita (tortila). Sekarang jenis doner kebab inilah yang sering disebut "kebab Turki" di Indonesia. Kebab Doner ini juga bisa disajikan sebagai Burger.



Baklava


Baklava adalah salah satu makanan khas Turki dalam bentuk sandwich kue yang diisi dengan kacang yang dituangkan dengan sirup atau madu sebagai pemanis. Roti khas Turki ini adalah salah satu masakan populer di turki, jadi sangat mudah ditemukan di Turki. Cara untuk membuatnya adalah dengan menumpuk kue-kue tipis lapis demi lapis dengan mentega cair dan potongan kacang di antara lapisan-lapisan itu. Sebelum dipanggang, Baklava dipotong-potong. Setelah dimasak dipanggang, lalu disiram dengan banyak sirup atau madu dan dibiarkan meresap dalam waktu yang lama sehingga sirup atau madu diserap ke dalam setiap lapisan kering.




Borek


Satu lagi makanan khas Turki dalam bentuk roti khas turki yang tidak boleh Anda lewatkan selain Baklava, Borek. Bentuknya juga hampir sama dengan Baklava dan juga terdiri dari lapisan pastry dan di tengahnya terisi. Perbedaannya adalah bahwa di tengah-tengah Baklava hanya diberikan tambalan kacang, sementara Borek lebih bervariasi seperti keju, sayuran seperti bayam, kentang, dan sayuran lainnya, atau bisa juga daging cincang. Proses pembuatannya juga sedikit berbeda dengan Baklava, jika Borek dipanggang langsung dan ada juga yang direbus terlebih dahulu baru kemudian dipanggang. Setelah itu, potong-potong saja. Selain itu, Borek juga tidak disiram dengan madu atau sirup seperti Baklava.




Dolma


Dolma adalah makanan khas Turki yang biasanya dibuat dari sayuran seperti paprika, tomat, terong, kol, dan daun anggur. Selain dari Turki, Dolma juga cukup terkenal di beberapa negara di semenanjung Baklan, Timur Tengah dan Asia Barat. Di Turki ada dua jenis Dolma yaitu Dolma yang mengandung daging dan tidak mengandung daging. Jika isiannya berisi daging, biasanya terdiri dari campuran nasi, daging cincang, mentega, bawang merah, biji pinus, dan beberapa rempah lainnya. Sedangkan Dolma, yang tidak mengandung daging, umumnya terdiri dari campuran beras, minyak ziatun, kismis, biji pinus, mint, daun peterseli, daun ketumbar, dan beberapa rempah lainnya.







Dondurma


Es krim adalah salah satu jenis makanan yang cukup digemari banyak orang, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa seperti ini. Nah, di Turki ada es krim dengan rasa yang unik, namanya Dondurma. Dondurma adalah makanan khas Turki dalam bentuk es krim lengket dan lengket seperti permen karet. Es krim khas Turki ini umumnya dibuat dari campuran susu, gula, salep yang merupakan sejenis pengental yang terbuat dari tepung.

Uniknya, beberapa penjual Dondurma ini menggunakan rompi dan topi seperti Aladdin, dan menggunakan tongkat panjang untuk mengaduk es krim. Selain itu, ada juga beberapa yang melakukan artraksi untuk menarik pengunjung.




Kofle


Untuk makanan khas Turki ini terbuat dari daging seperti daging kambing turki, daging sapi, atau ayam giling, kemudian dicampur dengan beberapa bumbu dan zat tambahan lainnya seperti sayuran dan telur. Setelah itu, dibentuk menjadi seperti bakso bulat, kemudian dimasak, bisa dipanggang, digoreng, atau bisa juga dikukus. Umumnya disajikan dengan nasi, salad, dan saus. Kofle ini juga cukup populer di negara-negara Arab dengan nama Kufta, di India disebut Kofta, dan di Yunani disebut Keftes.




1 view0 comments
bottom of page