top of page
Search
  • makanansemua

Makanan Khas Nusa Tenggara Barat Yang Gurih Dan Nikmat

Updated: Oct 25, 2019

Pesona alam NTB menciptakan tidak sedikit semua turis lokal dan asing. Namun tidak hanya panorama alam yang menjadi tujuan semua wisatawan, NTB juga memiliki beragam kuliner yang patut Anda coba. Apa saja kelezatan kuliner khas di judi bola online yang konon dimakan saat Anda berada di NTB.



Makanan Khas NTB, Ayam Taliwang


Makanan khas NTB yang disatukan adalah Taliwang Chicken. Makanan khas NTB ini adalah makanan yang sangat terkenal di Nusa Tenggara Barat yang tepatnya di Pulau Lombok. Ayam Taliwang adalah makanan yang terbuat dari ayam yang telah diberi bumbu khas Indonesia yang kaya akan bumbu. Ayam Taliwang ini tidak hanya terkenal di wilayah NTB, tetapi juga makanan khas Ayam Taliwang adalah makanan khas Bali. Rasa yang begitu enak membuat tidak banyak orang menyukai makanan ini.



Sate Bulayak Khas NTB


Makanan khas NTB adalah Sate Bulayak. Satu makanan khas berbeda dengan sate pada umumnya. Jika sering banyak sate terbuat dari daging kambing taun, tetapi untuk sate Bulayak terbuat dari daging sapi. Makanan khas NTB ini dijuluki Sate Bulayak karena dalam menyajikannya sate daging sapi juga diberikan lontong atau orang NTB biasa menyebutnya bulayak.



Makanan Khas NTB, Plecing Kangkung



Plecing Kangkung adalah salah satu makanan paling terkenal di antara komunitas NTB itu sendiri. Makanan khas NTB ini biasanya merupakan hidangan pelengkap untuk Taliwang Chicken. Makanan khas NTB ini berbeda dengan makanan khas di kabupaten lain. Meskipun tidak banyak makanan serupa yang terbuat dari bayam tapi makanan yang satu ini memiliki teknik presentasi yang cukup unik. Jika tidak sedikit makanan disajikan di pagi hari ketika makanan masih panas, tetapi Plecing Kangkung disajikan dalam keadaan dingin dan ditambah dengan saus tomat dengan rasa segar dan manis.



Jaje Tunjak Lapis Poteng Khas NTB


Makanan khas NTB ini kemudian menjadi makanan ringan yang sering dinikmati oleh masyarakat Lombok. Makanan spesial khas Lombok yang satu ini terbuat dari beras ketan yang telah dicampur dengan kelapa parut yang kemudian dikukus dengan garam tak kurang sebagai tameng. Bagi Poeng sendiri adalah lontong yang telah dipadukan dengan daun seger selama proses pembuatan.



Makanan Khas NTB, Sate Pusut


Makanan Nusa Tenggara Barat adalah yang berikutnya, Sate Pusut. Sate Pusut adalah roller NTB khas yang hampir mirip dengan sate pada umumnya. Irisan sate di Sate Pusut relatif tidak kalah dengan sate pada umumnya. Sate ini dibumbui dengan rempah-rempah khas yang kaya akan rempah-rempah sehingga keinginan makanan NTB khusus ini menjadi istimewa.



Ujian Moral Khas NTB



Kelaq Kelor adalah salah satu makanan khas Nusa Tenggara Barat, yang tentu saja dibuat dari pangkal daun kelor sebagai sayuran. Kelor Kelor biasanya dimasak menggunakan kuah bening yang telah diberi bumbu spesial untuk membuat rasa makanan spesial yang satu ini lebih enak dan lebih segar.





Makanan Khas NTB, Nasi Kotaraja


Makanan khas NTB, yaitu Nasi Kotaraja. Dari segi penampilan, memang makanan khas NTB seperti nasi pada umumnya. Tapi jangan tanya apakah masalahnya ya, karena memang NTB Khs Food memiliki rasa unik yang unik yang tidak akan Anda temukan di tempat lain. Nasi Kotaraja sendiri dibuat dengan lauk yang tidak langka. Lauk pauk sendiri tidak jarang adalah hidangan yang terbuat dari daging sapi yang telah digoreng dengan sedikit bahan rahasia.



Nasi Puyung Beras Khas NTB


Nasi Balap sendiri adalah salah satu makanan khas Nusa Tenggara Barat yang berasal dari Kabupaten Lombok Tengah. Nasi Puyung adalah nasi yang disajikan dengan campuran saus daging, kedelai goreng, dan kentang goreng renyah. Makanan khusus ini sangat populer dengan rasa pedas dengan tambahan bumbu spesial dari suku Sasak.



33 views0 comments
bottom of page